Travelling

Instagramable Banget ! Inilah Pesona Kabupaten Pati

pati

Kabupaten Pati adalah sebuah kota kecil di pinggiran Jawa Tengah yang kebetulan tercantum di akta kelahiran saya . Mungkin terdengar asing karena tidak banyak novel ataupun film yang mengambil setting di kota yang di juluki Hogwart van Java ini .Dijuluki demikian karena memang hal mistik dan magis di kota ini masih begitu kental .Bahkan versi lainnya adalah Kota seribu dukun.Yang paling terkenal ialah semboyannya “ Pati Bumi Mina Tani “.

Pati merupakan kota yang santai ,mobilitas penduduknya tidak terlalu tinggi .Bukan kota yang terdepan , bukan kota yang tertinggal ,apalagi terbelakang .Bukan .Pati berada di tengah – tengah .Suasana pedesaan masih begitu kuat dan pusat kota yang ramai juga ada .Seimbang bukan.

Dulu saya sempat kepikiran untuk escape dari kota Pati .Pati itu membosankan! Begitulah pikir saya waktu itu .Tapi salah . Pati itu indah pake banget.Banyak sekali tempat – tempat keren yang instgramable banget. Jadi cocok banget nih buat generasi milenial yang suka dengan fotografi .

Here we go..

Landmark yang Nyeleneh dan Unik

 

Landmark Kota Pati
Lokasi : jalur Pantura Kudus – Pati

Landmark ini berada di gerbang masuk menuju kota di jalur Pantura Kudus – Pati. Patung keran melayang ini sebenarnya bentuknya biasa tapi karena melayang jadi istimewa dan menjadi perhatian orang yang melewatinya.Mau tahu kenapa bisa melayang ? jadi di balik air yang keluar dari keran ini ada tiang yang menyangga untuk mengklamufase aliran air.Nah itulah yang menjadi kunci rahasia landmark kota pati seakan – akan melayang .

 

Destinasi Wisata Alam

Banyak sekali pilihan wisata di kota ini .Sebenarnya di dunia pariwisata Kabupaten Pati belum banyak dikenal masyarakat luas .Namun sebenarnya apabila kalian mau mengeksplore lebih dalam lagi alam di Pati , maka kalian akan menemukan tempat wisata dengan objek pemandangan yang indah namun belum banyak diketahui orang banyak. Nah inilah beberapa tempat yang pernah saya kunjungi .Semuanya keren dan wisata di Pati itu murah banget .

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo Kabupaten Pati
Lokasi : Desa Banyutowo ,Kecamatan Dukuh seti kabupaten Pati

Seperti pantai kebanyakan pasir putih ,angin laut ,juga lalu lalang kapal – kapal nelayan.Nah Di wilayah inilah Soimah Pancawati lahir dan menghabiskan masa kecilnya.Untuk memasuki Pantai ini tidak di pungut biaya asalkan pengunjung menjaga kebersihan .Di sini kita bisa duduk – duduk di ayunan sambil menikamati suasana pantai atau berpiknik ria bersama keluarga .Kebetulan saya ke sini sore – sore jadi masih sempat menjepret sunset.

 

Agro Wisata Jolong

Berada di sekitar lereng Gunung Muria menjadikan tempat wisata satu ini sejuk banget .Di sini kita bisa menikmati kebun kopi Jolong .Fyi Kebun kopi ini merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Jawa .Selain itu ada pula perkebunan buah Naga ,Stroberi ,dan ada pula gardu pandang yang pemandangannya indah banget .Untuk masuk ke Agro wisata ini kalian hanya harus merogoh kocek Rp 5.000,00 .Murah kan ?

Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo Kabupaten Pati
Lokasi : Desa Situluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati

waduk ini difungsikan sebagai penampungan air yang digunakan untuk pengairan area pertanian dibawahnya .Tapi karena pemandangannya yang bagus sekarang difungsikan sebgai tujuan wisata .Biasanya juga dipakai orang – orang untuk foto prewedding .Kalu saya ke sini sih ya sepedaan sama teman – teman ,capek tidur – tidur di ayunan sambil menikmati sore.

Bukit Pandang

Bukit pandang kayen
Lokasi : Desa Duren Sawit Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Saya kesini habis lebaran itupun tau dari postingan foto instagram teman .Waktu itu tempat ini lagi happening banget di Pati saya cek Instagram teman saya pada foto – foto di sini .Berlokasi di lereng gunung Kendeng , bukit pandang merupakan tempat yang asyik dengan gardu pandang yang kece dan kekinian banget . Banyak sekali spot foto – foto di tempat ini .Mulai dari rumah pohon, panggung I Love U, sarang burung dan masih banyak lagi .Semuanya menghadap ke pemandangan perbukitan yang memanjakan mata .Saya sarankan berkunjung ke sana saat cuaca cerah .Tiket masuk sini di bandrol RP 3.000,00 .

Lorodan Semar

Selesai dari Bukit Pandang mampir ke Lorodan Semar.Jadi Lorodan Semar merupakan sungai yang memiliki air terjun kecil.Bentuknyabseperti air terjun 3 tingkat yang sangat memukau .Di sini kita bisa main air sepuasnya . Nah untuk masuk sini kita Cuma diharuskan membayar biaya perawatan tempat sebesar Rp 2.000,00 .

Gua Pancur

Gua Pancur Kabupaten Pati
Lokasi : Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Kalau di Jogja ada gua pindul maka di Pati ada gua pancur .Masih bagian dari pegunungan Kendeng ,Keindahan gua ini patut diacungi jempol .Di sini kita bisa menjelajah gua .Dengar – dengar sih gua ini masih mengandung cerita sejarah ,misteri ,serta legenda yang mendalam menurut masyarakat stempat .Masyarakat sini percaya dengan mandi di gua pancur bisa awet muda. Percaya ?

Air terjun Sepletuk

Air Terjun Sepletuk
Lokasi : Desa Sentul Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Air terjun sepletuk ini terletak di perbukitan gunung wungkal .Air terjun ini belum banyak yang menjamaahnya sehingga masih asli sekali .Tapi kini pemerintah desa mulai menata dan mengembangkannya .Kalau dulu untuk menuju kesana hanya mampu dilalui dengan berjalan kaki , sekarang sepeda motor sudah bisa sampai lokasi . Hijau dan sejuk banget tempatnya .Cocok untuk menghilangkan stress juga ramainya hiruk pikuk perkotaan.Apalagi ada monyet- monyet yang bisaa dilihat langsung sepanjang perjalan menuju Air terjun.

Menikmati Malam di Kota Pati

25022757_1570675146300880_7114820978902827008_nDi malam hari orang – orang Pati biasanya sering berkumpul di alun – alun Pati .Tempat tersebut merupakan jantung kota di kota Pati .Banyak sekali pemuda pemudi ,mahasiswa , ataupun keluarga yang menghabiskan malam di sini sekedar duduk – duduk di tengah lapangan sambil bercanda .Apalagi jika malam minggu tempat ini bisa 2 kali lipat lebih ramai .Banyak sekali pedagang kaki lima berjajar rapi di sini .Mualai dari berjualan baju ,makanan,boneka ,wahana permainan , semuanya meramaikan malam di kota ini.

Selain di Alun – alun juga ada Taman Stasiun Kota Pati yang lagi hype di Pati .Bari selesai dibangun dan di resmikan .Sayangnya saya belum sempat mampir dan melihat – lihat seperti apa sih dalamnya .

25009624_2064664500419689_4672941451888295936_n

Kuliner yang Wajib Kamu Makan Saat Berkunjung

Capek keliling Pati sekarang saatnya untuk mengisi perut .Apasih kuliner khas pati ? nah pasti itukan yang ada di pikiran kalian.Jadi Pati itu terkenal dengan Nasi Gandul ,Soto Kemiri ,juga oleh – oleh khas Pati bandeng presto.Oke saya ulas satu persatu.

Nasi Gandul

  1. Nasi Gandul Pati
    Rp 15.000,00

Nasi gandul merupakan masakan khas daerah Pati .Daerah di Pati yang memopulerkan nasi gandul ini adalah desa Gajahmati (arah selatan teminal bus Pati. Desa Semampir/Sebelah timur dari desa gajahmati), itulah sebabnya sering ditemui kata-kata Nasi Gandul Gajah Mati.Sebenarnya ada 3 versi kenapa makanan ini diberi nama nasi gandul tapi versi paling terkenalnya mengatakan bahwa nama nasi gandul adalah nama pemberian dari pembeli. Dulu, di daerah Pati, penjual nasi gandul menjajakan nasinya dengan menggunakan pikulan yang berisi kuali (tempat kuah nasi gandul) di satu sisi, dan bakul nasi serta peralatan makan nasi gandul di sisi lain. Kemudian, pikulan tersebut digotong dan dijajakan sehingga pikulan tersebut naik-turun seirama dengan langkah penjualnya (kedua sisi bambu ini bergantungan bakul nasi dan kuali kuah secara menggantung (gandul). Oleh sebab itu, masyarakat kemudian menamainya nasi gandul.sepintas sangat mirip dengan Soto Betawi yang dijual di seputaran daerah Jakarta

 

Soto Kemiri

Soto Kemiri
Rp 8.000,00

Hampir setiap daerah memiliki resep masakan Soto. Soto Kemiri adalah salah satunya. Merupakan masakan soto khas kota Pati, Jawa Tengah. di samping murah, juga sangat lezat. Istilah sekarang, murmer, murah meriah. Tetapi sekarang Soto Kemiri telah menjadi menu favorit berbagai kalangan. Dengan penyajian yang unik ,nasi yang telah diberi kuah, beberapa kali kuahnya dikembalikan lagi dalam kuali tempat kuah, kemudian, baru mangkuk nasi dituang kuah kembali sebagai proses terakhir hingga nasi menjadi hangat. Alasan dari penjualnya saat saya tanyakan mengapa begitu, adalah biar bumbu meresap dalam nasi dan nasinya menjadi hangat. Dan memang iya, bumbu meresap dalam nasi

 

Bandeng Presto

25018075_557832524590736_4999879507830636544_n
RP 25.000,00

Sebelumnya Ikan yang tulangnya sudah dilunakan ini, banyak kita jumpai di Semarang dan menjadi oleh-oleh khas dari ibukota Jawa Tengah itu.Apalagi jika kalian mengunjungi Jalan Pandanaran. Jalan ini memang dikhususkan untuk berburu kuliner khas Semarang, termasuk bandeng presto.Tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya penghasil Bandeng presto ini berasal dari Juwana Kabupaten Pati .Ya Bandeng Presto merupakan oleh – oleh khas dari Pati .Jadi kalian kalau mampir ke Pati jangan lupa membawa buah tangan Bandeng Presto Juwana .

Jadi Gimana ? Kapan kalian mampir ke kotaku ? .Tempat wisata yang keren dan murah meriah,kulinernya juga enak .Kalau sekedar untuk mempercantik feed Instagram kalian Pati bisa lah ya menjadi Pilihan .Dan buat kalian yang suka Travelling dengan budget terbatas yuk mampir ke Pati .

 

#GramediaHolidayseason

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s